Pengertian Jersey Futsal dan Perbedaannya dengan Jersey Bola

Pengertian Jersey Futsal dan Perbedaannya dengan Jersey Bola

Pecinta sepakbola dan futsal tentu sering mendengar istilah ‘jersey’. Lantas apa perbedaan jersey futsal dan jersey bola? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Jersey futsal dan jersey bola bukan hanya digunakan oleh pecinta olahraga bola saja, namun digunakan juga oleh berbagai jenis cabang olahraga lain.

Tentunya, jerses menjadi salah satu seragam favorit pecinta olahraga karena memiliki sejumlah kelebihan, untuk itu, ketahui apa itu jersey sebelum membuatnya.

Kaos jersey sendiri bisa dipesan di PARADE APPAREL, produksi di pabrik ini hanya membutuhkan 12 jam dan menjadi brand apparel terpecaya di Indonesia. Kamu bisa juga pesan dalam jumlah puluhan hinga ribuan pieces.

Apa Itu Jersey?

Jersey yang digunakan oleh pemain sepak bola
Jersey yang digunakan oleh pemain sepak bola

Jersey sangat identik dengan futsal dan sepakbola bahkan sampai disebut sebagai kostum sepak bola. Pakaian ini digunakan pemain bukan hanya kenyamanannya saja tapi juga jadi pembeda dengan seragam tim lain. Jadi, setiap pemain memiliki jersey dengan ciri khas berbeda.

Yang tidak kalah penting, pemakaian jersey juga jadi media dimana logo iklan atau sponsor bisa disablon atau diprint di sana. Jersey sebagai kaos olahraga khususnya bola juga menjadi cermian dari karakter sebuah klub. Untuk bahan sendiri, jersey sangat beragam dimana paling banyak jersey memiliki campuran polyester.

Jadi, dalam olahraga, Apa Itu Jersey bisa diartikan sebagai kaos yang dikenakan oleh anggota pemain untuk menunjukkan keanggotaan pemain dalam sebuah tim. Dengan jerey, maka Kamu dapat mengidentifikasi nama atau nomor pemain yang juga didalamnya menampilkan warna serta logo tim.

4 Perbedaan Jersey Futsal dan Jersey Bola

Bahan jersey futsal
Berikut salah satu bahan jersey futsal yang diproduksi oleh Parade Apparel.

Jersey futsal dan jersey bola memilike beberapa perbedaaan yang mencerminkan kebutuhan dan karakteristik dari masing-masing olahraga. Berikut ini 4 perbedaan utama antara keduanya:

1. Material dan Konstruksi

Jersey Futsal umumnya terbuat dari bahan yang lebih ringan dan lebih cepat kering karena futsal dimainkan di dalam ruangan.

Olahraga futsal umumnya memiliki ventilasi terbatas dan bisa menjadi panas. Bahan yang digunakan sering kali lebih elastis untuk mendukung gerakan cepat dan dinamis.

Sedangkan, jersey sepak bola terbuat dari bahan yang sedikit lebih tebal dan tahan lama, mengingat sepak bola dimainkan di luar ruangan di berbagai kondisi cuaca. Bahan ini juga dirancang untuk mengelola keringat dengan baik dan tetap nyaman saat basah.

2. Desain

Untuk fit jersey futsal biasanya lebih ketat dan pas di tubuh untuk mengurangi hambatan udara, serta memberikan kenyamanan dalam bergerak cepat di lapangan yang lebih kecil.

Kemudian untuk jersey sepak bola lebih longgar dibandingkan jersey futsal untuk memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik dan kenyamanan saat bermain dalam durasi yang lebih lama di lapangan yang lebih besar.

3. Fitur Tambahan

Beberapa jersey futsal mungkin memiliki panel ventilasi tambahan atau mesh untuk meningkatkan sirkulasi udara dan menjaga tubuh tetap dingin.

Terkadang jersey bola dilengkapi dengan teknologi tambahan seperti zona kontrol bola di bagian tertentu untuk membantu pemain mengontrol bola lebih baik.

4. Durabilitas

Meskipun lebih ringan, jersey futsal tetap dirancang untuk tahan terhadap gesekan dengan permukaan lantai indoor yang keras.

Sedangkan jersey bola didesain untuk tahan terhadap gesekan dengan rumput, baik alami maupun sintetis, serta kondisi cuaca yang keras.

Sejarah Jersey

Setelah mengetahui Apa Itu Jersey di atas, Kamu juga harus tahu bahwa jersey bola di masa lalu berbeda dengan sekarang. Pada masa lalu, tim sepak bola menggunakan pakaian formal. Bahkan, dulu pemain menggunakan topi sampai dengan syal juga.

Seiring berjalannya waktu, yaitu pada tahun 1888, maka klub mulai menggunakan seragam dengan kemeha berkerah dari bahan katun tebal dan berkancing. Ada juga klub yang memilih kemeja polos maupun garis vertikal.

Lalu, kapan jersey bola mulai populer dan dikenakan di klub? Memasuki 1890/1891, jersey yang digunakan oleh Wolves dan Sunderland memiliki warna yang sama. hal ini yang membuaut munculnya aturan dimana klub jarus memiliki dna mendaftarkan seragam jerseynya. Klub juga harus memiliki seragam cadangan berwarna putih. Selanjutnya, klub sepak bola mulai mengenakan desain jersey mereka, seperti desain hoop, sleeves, dan deep-V.

Pada tahun 1950-an, mulai dikenal jersey dari bahan katun yang ringan dan tanpa kancing atau kerah. Jersey ini diproduksi oleh produsen Italia dan Amerika Selatan. Sementara di tahun 1970-an dan 1980-an, mulai muncul logo sponsor pada seragam jersey.

Kelebihan Jersey

Sebelum Kamu mulai memesan jersey, ketahui dulu Apa Itu Jersey seperti yang dijelaskan di atas. Jadi, Kamu bisa menentukan desain dan fitur yang ada pada jersey. Pasalnya, desain jersey bisa jadi berbeda tergantung dengan penggunaannya. Untuk jersey sendiri kaos ini memiliki kelebihan yang membuatnya jadi pilihan sebagai seragam olahraga, seperti halnya yang ada di bawah ini :

  • Mudah menyerap keringat => Untuk bisa menemukan kelebihan ini, maka cermatlah dalam memilih bahan jersey. Kamu bisa memilih bahan drifit atau bahan jersey lain dengan kualitas yang baik.
  • Warnanya sangat beragam => Mulai dari warna gelap hingga cerah, jersey sudah tersedia dan mudah ditemukan baik online maupun offline.
  • Tidak mudah kusut => Bahan jersey tidak mudah kusut dan mudah dalam perawatan. Bahkan, Kamu bisa menyimpannya dalam tas dengan mudah dan tidak perlu disetrika.
  • Teksturnya elastis => Karakter jersey yang satu ini membuat pemain di lapangan lebih mudah bergerak bahkan tetap nyaman meski harus berlari atau melompat. Pemain bisa bergerak bebas saat bermain dengan jersey.
  • Bahan mudah kering => Bahan jersey mudah kering ketika dicuci atau saat terkena keringat. Karakter kain yang satu ini membuat pemain tidak merasa lembab saat mengenakan jersey di lapangan.

Kekurangan Jersey

Sebagai pakaian yang digunakan saat olahraga, Apa Itu Jersey memang sangat populer, khususnya di bidang sepak bola. Namun mungkin Kamu belum mengetahui jika jersey juga memiliki kekurangan, seperti halnya :

  • Jika kurang tepat menyetrika, maka jersey atau bagian sablonnya bisa rusak
  • Seratnya cenderung tipis sehingga untuk jersey kualitas premium, pilih kain yang terbaik agar lebih awet dan tidak mudah rusak
  • Mudah membentuk lekuk tubuh apalagi saat bekeringat atau basah
  • Mudah melar jika cara perawatannya salah sehingga agar lebih awet maka cuci dengan tangan dan hindari mesin

Pemesanan Jersey Olahraga Terbaik

Jersey untuk olahraga baik untuk pemain maupun untk fans bisa Kamu pesan dengan mudah dan cepat. Caranya adalah dengan menemukan layanan produksi jersey terpercaya. Jadi, bukan hanya informasi tentang Apa Itu Jersey yang penting untuk Kamu ketahui. Untuk pemesanan, maka tentukan dulu modelnya, desainnya, logo, warna, dan berbagai fitur lainnya.

Lalu, dimana tempat pesan jersey? PARADE APPAREL bisa jadi pilihanmu. Selain ada harga murah, layannya juga ramah, pengerjaan tepat waktu, pengiriman aman, serta sudah profesional di bidangnya.

KLIK >> Custom Sekarang